Monday, 10 May 2021
  • Selamat Berlibur Santriwan Santriwati Pesantren Bina Insan Mulia

EXCELLENT PROGRAM!!! TAHFIDZ AL-QUR’AN METODE “INTENSIVE LEARNING” PESANTREN BINA INSAN MULIA

Pesantren Bina Insan Mulia sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi pada kesholihan generasi umat telah membuka program kelas tahfidz Al-Qur’an dimulai pada jenjang SMP kelas 8 dan SMK/MA kelas 11 dengan desain pembelajaran yang kreatif, inovatif menyesuaikan usia perkembangan dan pertumbuhan santri.. Dengan mengintegrasikan kurikulum inti tahfidz Al-Qur’an dan pemfokusan penghafalan terpadu dan intensive dalam 1 area, diharapkan para santri memiliki kemampuan hafalan bacaan Al-Qur’an sesuai dengan standarnya, mutqin hafal 30 juz.

Dengan Metode “intensive learning” yaitu menghafal Al-Qur’an 8 jam sehari dan 30 hari sebulan, 55 dari 70 santri yang telah mengikuti program ini telah mampu menghafal 5 juz dalam 1 bulan.. Itu artinya mereka insya Allah mampu menyelesaikan hafalan 30 Juz dalam 6 bulan atau 1 semester..

Adapun jadwal hafalan para calon hafidz dan hafidzah ini sbb:

Jam Ke-    Waktu

1                 04.30-07.00

2                 09.00-11.30

3                 15.30-17.30

4                 19.30-21.00

*Diluar waktu tsb, hafidz/ah murojaah/mengulang hafalan.

Selanjutnya melihat pencapaian tersebut dan mempertimbangkan kecenderungan serta keinginan santri/walisantri, Pembukaan Program Tahfidz Pesantren Bina Insan Mulia dibagi menjadi 2 kelas, yaitu:

1) Kelas Reguler

Kelas reguler diperuntukan bagi santri Pesantren Bima yang memiliki keinginan untuk menghafal Al-Qur’an namun tetap bersekolah seperti biasa.. Waktu yang digunakan dalam sehari untuk menghafal adalah 5 jam yaitu dijam ke-1, -3, dan -4 dengan target 2 juz/bulan dan 8 juz/Semester..

2) Kelas Khusus

Santri yg mengikuti kelas khusus program Tahfidz akan tinggal dalam 1 ruangan khusus untuk menghafal Al-Qur’an dan dibimbing secara efektif oleh pendamping ustadznya selama 8 jam sehari dan 30 hari sebulan.. Sehingga target yg dibebankan adalah 30 Juz dalam 1 Semester.. Target ini dapat dicapai dengan perhitungan mereka tidak bersekolah dan hanya menghafal selama 1 semester penuh..

Sementara itu untuk bisa mengikuti Program Tahfidz baik yang kelas Khusus maupun kelas Reguler, Santri Pesantren Bina Insan Mulia harus duduk minimal di kelas 8 SMP atau 11 SMK/MA. Syarat lainnya, mereka jg harus memenuhi uji kelayakan seperti:

1) Tahsin Al-Qur’an yang bagus

2) Memiliki kemampuan hafalan yang baik standar umum

3) Motivasi menghafal yang kuat

4) Disiplin dalam menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an.

Oleh karena itu, bagi walisantri yang ingin putra/inya menjadi hafidz dan hafidzah di Pesantren Bina Insan Mulia, diharapkan mendorong dan memberi semangat putra/inya untuk mengikuti program ini.. Serta tentunya mendoakan mereka mampu mencapai target yang diberikan oleh Pesantren pada masing-masing kelasnya.

The Center Of Excellence

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR