Home / Unit Pesantren / Madrasah Aliyah Unggulan

Madrasah Aliyah Unggulan

Berorientasi Global, MA Unggulan Bina Insan Mulia Siap Bersaing

Madrasah Aliyah Unggulan Bina Insan Mulia dibuka pada tahun ajaran 2017/2018. Sesuai dengan namanya, MA Unggulan Bina Insan Mulia merupakan Madrasah Aliyah  yang unggul.  Menerima hanya 40 santri terbaik yang memiliki ranking 1 s.d. 5 dari sekolah menengah pertamanya secara kontinyu, siswa-siswi MA Unggulan Bina Insan Mulia kemudian di-cluster  sesuai minat, bakat, dan kecenderungan keahliannya, tak seperti kebanyakan lembaga pendidikan formal lain di Indonesia. “Metode pembelajaran yang digunakan mengadopsi sekolah Finlandia, dimana siswa diberi kebebasan memilih program sesuai yang mereka inginkan. Dan  itu melatih kemandirian dan tanggung jawab mereka  dalam belajar,” tutur KH Imam Jazuli Lc  MA selaku pengasuh pesantren.

Santri MA Unggulan Bina Insan Mulia mengikuti program akselerasi pada 2 tahun pertamanya, akselerasi  tersebut berupa penguasaan bahasa (Inggris dan Arab), Tahfidz Al-Qur’an, Qiro’atul Kutub, dan Ilmu Eksak. Sementara 1 tahun terakhirnya adalah persiapan meraih beasiswa pendidikan.

Beliau menegaskan, siswa MA Unggulan ditargetkan dapat meraih beasiswa di universitas-universitas luar negeri (Eropa, Timur Tengah, Asia, dan Australia) dan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Oleh karenanya, MA Unggulan Bina Insan Mulia memiliki tenaga pengajar yang profesional dibidangnya. Terdapat empat pengajar bergelar master S2 dari kampus dalam dan luar negeri, dan lebih dari 30 pengajar lainnya sarjana dari perguruan tinggi terbaik lainnya.*