Home / Uncategorized / EXCELLENT PROGRAM!!! TAHFIDZ AL-QUR’AN METODE “INTENSIVE LEARNING” PESANTREN BINA INSAN MULIA

EXCELLENT PROGRAM!!! TAHFIDZ AL-QUR’AN METODE “INTENSIVE LEARNING” PESANTREN BINA INSAN MULIA

Pesantren Bina Insan Mulia sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi pada kesholihan generasi umat telah membuka program kelas tahfidz Al-Qur’an dimulai pada jenjang SMP kelas 8 dan SMK/MA kelas 11 dengan desain pembelajaran yang kreatif, inovatif menyesuaikan usia perkembangan dan pertumbuhan santri.. Dengan mengintegrasikan kurikulum inti tahfidz Al-Qur’an dan pemfokusan penghafalan terpadu dan intensive dalam 1 area, diharapkan para santri memiliki kemampuan hafalan bacaan Al-Qur’an sesuai dengan standarnya, mutqin hafal 30 juz.

Dengan Metode “intensive learning” yaitu menghafal Al-Qur’an 8 jam sehari dan 30 hari sebulan, 55 dari 70 santri yang telah mengikuti program ini telah mampu menghafal 5 juz dalam 1 bulan.. Itu artinya mereka insya Allah mampu menyelesaikan hafalan 30 Juz dalam 6 bulan atau 1 semester..

Adapun jadwal hafalan para calon hafidz dan hafidzah ini sbb:

Jam Ke-    Waktu

1                 04.30-07.00

2                 09.00-11.30

3                 15.30-17.30

4                 19.30-21.00

*Diluar waktu tsb, hafidz/ah murojaah/mengulang hafalan.

Selanjutnya melihat pencapaian tersebut dan mempertimbangkan kecenderungan serta keinginan santri/walisantri, Pembukaan Program Tahfidz Pesantren Bina Insan Mulia dibagi menjadi 2 kelas, yaitu:

1) Kelas Reguler

Kelas reguler diperuntukan bagi santri Pesantren Bima yang memiliki keinginan untuk menghafal Al-Qur’an namun tetap bersekolah seperti biasa.. Waktu yang digunakan dalam sehari untuk menghafal adalah 5 jam yaitu dijam ke-1, -3, dan -4 dengan target 2 juz/bulan dan 8 juz/Semester..

2) Kelas Khusus

Santri yg mengikuti kelas khusus program Tahfidz akan tinggal dalam 1 ruangan khusus untuk menghafal Al-Qur’an dan dibimbing secara efektif oleh pendamping ustadznya selama 8 jam sehari dan 30 hari sebulan.. Sehingga target yg dibebankan adalah 30 Juz dalam 1 Semester.. Target ini dapat dicapai dengan perhitungan mereka tidak bersekolah dan hanya menghafal selama 1 semester penuh..

Sementara itu untuk bisa mengikuti Program Tahfidz baik yang kelas Khusus maupun kelas Reguler, Santri Pesantren Bina Insan Mulia harus duduk minimal di kelas 8 SMP atau 11 SMK/MA. Syarat lainnya, mereka jg harus memenuhi uji kelayakan seperti:

1) Tahsin Al-Qur’an yang bagus

2) Memiliki kemampuan hafalan yang baik standar umum

3) Motivasi menghafal yang kuat

4) Disiplin dalam menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an.

Oleh karena itu, bagi walisantri yang ingin putra/inya menjadi hafidz dan hafidzah di Pesantren Bina Insan Mulia, diharapkan mendorong dan memberi semangat putra/inya untuk mengikuti program ini.. Serta tentunya mendoakan mereka mampu mencapai target yang diberikan oleh Pesantren pada masing-masing kelasnya.

The Center Of Excellence

About media center

Check Also

PROGRAM REKREASI BULANAN SANTRI PESANTREN BINA INSAN MULIA

Tidak kurang dari 1400 santri Pesantren Bina Insan Mulia bergembira menikmati jalan-jalan ke 3 Mall …

SANTRI BINA INSAN MULIA MERAYAKAN HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA YANG KE-74 DENGAN GEGAP GEMPITA

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan  indonesia yg di selenggarakan  pada tanggal  17 agustus 2019 Pondok …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × five =