Home / Nuansa Magazine / Bina Insan Mulia Go Internasional, Homestay di Malaysia dan Singapore

Bina Insan Mulia Go Internasional, Homestay di Malaysia dan Singapore

Pesantren Bina Insan Mulia secara rutin mengirimkan para santrinya, baik tingkat SMP maupun SMK, ke luar negeri untuk mengikuti program homestay di sejumlah perguruan tinggi ternama di Malaysia dan Singapura Pengasuh Pesantren Bina Insan Mulia, KH Imam Jazuli Lc MA, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan keilmuan dan memperluas wawasan para santri yang diperoleh melalui interaksi dengan para pakar dari berbagai disiplin ilmu dan masyarakat setempat.

Tujuan yang lebih spesifik lagi, menurut KH Imam Jazuli Lc MA,  adalah untuk membangkitkan minat para santri melanjutkan pendidikan setinggi- tingginya, khususnya di luar negeri. Dengan kegiatan itu, mereka akan memperoleh banyak pengalaman dan pemahaman, sehingga punya gambaran tentang sistem pendidikan di negara terkait. Mereka pun punya kepercayaan diri lebih baik.

“Saya berharap para santri Pesantren Bina Insan Mulia memiliki cita-cita, harapan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Kalaupun tidak, mereka bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri di dalam negeri,” tegas Pak KH Imam Jazuli Lc MA

Sejauh ini, menurut beliau, ada dua negara yang paling diminati untuk homestay, yakni Malaysia, dan Singapura. Selain karena relatif dekat, dan punya kesamaan budaya secara umum, kedua negara itu pun telah memiliki sistem pendidikan maju. Untuk ke depan, tak menutup kemungkinan mengadakan homestay ke negara-negara lain. Hingga kini, homestay berjalan baik, karena pihaknya telah menjalin hubungan dan kerja sama baik dengan pihak-pihak terkait.

Setidaknya ada tiga perguruan tinggi yang telah menjalin hubungan baik, yakni International Islamic University of Malaysia, National University of Singapore, dan Universiti Kebangsaan Malaysia. Ketiganya selalu memfasilitasi tempat, sekaligus presentasi. Selama homestay, para santri tinggal di kampus- kampus tersebut. Agendanya, pagi jam 8-12 mengikuti presentasi. Sisa waktu dimanfaatkan untuk tour ke sejumlah lokasi seperti Twin Tower, Menara Petronas, Garden by the Bay, Merlion Park, Universal Studio, dan sebagainya. Pada tahun 2016, santri yang mengikuti homestay 58 orang, dari jenjang SMP dan SMK. Untuk tahun 2017  jumlahnya diperkirakan bertambah.*

About Bina Insan Mulia

Check Also

MAJALAH PESANTREN BINA INSAN MULIA EDISI PERTAMA, MEMPERKENALKAN PESANTREN MELALUI TULISAN DAN GAMBAR..

Melalui majalah yg bertajuk NUANSA Pesantren Berwajah Etnik Bina Insan Mulia, kita bisa tahu tentang …

Hadapi Pemilu 2019, Calon Legislatif Alumni Pesantren Se-Indonesia, Ikuti Sekolah Politik

Bertempat di Training Hall Pesantren Bina Insan Mulia, sebanyak 42 alumni Universitas Al-Azhar Mesir dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =